SelamAT datANG Para AGaN AgaN dr DEsa SeteMpat MauPun Luar Desa.. BloG ini DiTErapKan KedePanNYa SebaGAi Sarana PuBliKasi Untuk DEsa Kami Bandar Sakti & TanJUNG annom (meski ada PostiNG umum di dalamnya, biar ngk bosen).. untUK aGan AGAn yg Mau SUMBang INformasi BISA di PoSTing DIsinIi.. Terimakasih SalaM SukSEs SelAlu

Hobi SMS..??? !!!

>> Sabtu, 13 November 2010

Pergaulan Bebas Rentan Pada Remaja yang Sering Kirim SMS


Denver, Ponsel sepertinya sudah tidak lagi menjadi barang langka di kalangan remaja. Tapi hati-hati, studi menunjukkan remaja yang kirim SMS 120 kali atau lebih per hari cenderung berhubungan seks atau menggunakan alkohol dan narkoba.

"Meski temuan ini sugestif, tapi bukan berarti mengirim SMS menyebabkan perilaku berisiko. Sebaliknya, kami ingin menekankan bahwa 'hyper-texter' (orang yang terlalu banyak kirim SMS) merupakan salah satu ciri bahwa remaja mengalami tekanan jati diri dan kurangnya pengawasan orang tua," jelas Dr Scott Frank, profesor epidemiologi dan biostatistik di Case Western Reserve University School of Medicine, seperti dilansir Time, Rabu (10/11/2010).

Menurut Dr Frank, remaja hyper-texter juga lebih mungkin terlibat dalam perkelahian fisik, pesta minuman keras dan juga penyalahgunaan obat-obatan.

"Jika orang tua mampu memantau pergaulan anak-anaknya baik lewat ponsel maupun jejaring sosial, maka mereka tentunya juga lebih mungkin memantau kegiatan anaknya yang lain," jelas Dr Frank.

Penelitian ini dilakukan dengan menyurvei 4.200 siswa SMA di Clevelan. Dari keseluruhan partisipan diperoleh 20 persen siswa adalah hyper-texter, 11 persen hyper-networker (3 jam per hari atau lebih menghabiskan waktu untuk jejaring sosial) dan sekitar 4 persen termasuk hyper-texter dan hyper-networker.

"Hasil survei menunjukkan bahwa remaja hyper-texter 3,5 kali lebih mungkin berhubungan seksual ketimbang hyper-networker, tetapi hyper-networker lebih mungkin menggunakan alkohol atau narkoba," jelas Dr Frank lebih lanjut.

Dr Frank menjelaskan, anak yang hyper-texter dan hyper-networker cenderung memiliki karakter seperti sangat sosial, impulsif dan rentan terhadap tekanan. Karakter inilah yang mendasari perilaku berisiko.

Peneliti juga menemukan bahwa hyper-texter dan hyper-networker lebih umum di kalangan perempuan dengan orang tua tunggal atau orang tua yang berpendidikan rendah.

"Kami memang masih harus melakukan penelitian lebih lanjut, tetapi hal ini sudah merupakan peringatan awal bahwa orangtua harus lebih memantau perilaku anak-anaknya," tutup Dr Frank.

Hasil temuan ini telah dipublikasikan pada American Public Health Association di Denver, pada 9 November lalu.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Komentarnya..

Loading

Negara YG Mampir

free counters

Dari Mana Kamu

Pengikut

  © Bekerja Sama Dengan Usaharakyat.COM n' Powered by ICT BandarSakti 2009

Kembali KeAtas